Sabtu, 26 Agustus 2017

Minuman Tradisional ARAK Bali - Harga dan Tempat Jual arak BALI 2017


Arak bali merupakan satu dari dua jenis minuman tradisional favorit masyarakat bali yang banyak dan digemari kaum muda hingga tua. Selain diminum arak juga biasa digunakan sebagai sarana persembahan dalam upacara keaagamaan hindu di bali.

Arak merupakan minuman beralkohol yang umumnya dihasilkan dari sulingan buah pohon kelapa dan pohon enau ( jaka ) .  Kadar alkohol yang terkandung semua bergantung pada proses penyulinganya. Semakin baik sulinganya, semakin tinggi kadar alkoholnya.

Rasa arak umumnya bersifat pengah, sangat berbeda dengan minuman tradisional bali lainya yaitu tuak yang jauh lebih lembut. Untuk itu dalam menikmati arak banyak yang mengkombinasikannya dengan minuman jenis soda atau cola sehingga sangat enak diminum.

Kandungan alkohol arak umumnya berkisar 30 s/d 65%. Arak dapat diklasifikasikan dalam beberapa jenis klas. Setiap klasifikasi memliki kadar alkohol yang berbeda. Klasifikasi yang paling tinggi biasa disebut kelas 1 dan memiliki kadar alkohol paling tinggi sekitar 65% tentunya dengan setelah melewati proses penyulingan terbaik.

arak klasifikasi 1 biasanya banyak digunakan pada media pengobatan. Kadar alkohol yang tinggi biasanya dimanfaatkan sebagai campuran ramuan tumbuhan alam dalam menyembuhkan memar,  patah tulang dan sebagainya. Dan dulunya diperkampungan kecil wilayah timur bali memanfaatkan arak klas 1 sebagai bahan bakar penerangan ketika malam hari sebagai lampu minyak karena menimbulkan aroma harum dan berkasiat mengusir nyamuk.

Sangat tidak disarankan bagi umum menkonsumsi jenis kelas 1 karena alkoholnya terlalu tinggi dan sangat memabukan. Jika anda penasaran dan ingin mencobanya, Sebaiknya untuk mencoba yang kelas dibawahnya yaitu 2 dan 3. Cara membedakannya adalah kelas 1 dengan lainya adalah identik dengan api. bila anda coba bakar dengan korek api, arak akan berkobar dengan api. Sehingga arak jenis ini sering juga dipanggil arak api.

Proses pembuatan dan produksi arak.

Sebelum terlalu jauh dalam proses pembuatannya, perlu diketahui untuk mendapatkan hasil arak terbaik perlu dipertimbangkan juga dalam pemilihan jenis pohon kelapa,  tanah tempat pohon tumbuh dan usia pohon. Perbedaan inilah yang biasa membuat rasa arak itu berbeda-beda. Setelah itu masuk ke proses penyulingan.  Ada dua jenis proses penyulingan yaitu tradisional dan pabrik. Perbedaanya yaitu alat yang digunakan,  untuk cara tradisional masih menggunakan dasar kayu bakar sedangkan komponen utama dengan bambu sebagai sulingnya dan untuk yang modern menggunakan gas dan pipa modern.

Produsen arak

Di bali sendiri,  daerah yang terkenal sebagai produsen arak adalah kabupaten karangasem.  Karena memang disana termasuk daerah tandus,  dimana pohon kelapa dapat mudah tumbuh subur. Karang asem dalam peta bali termasuk dalam wilayah bali timur. Jika anda tertarik untuk datang kesana dan melihat proses pembuatannya langsung, dibutuhkan waktu tempuh sekitar 2 jam dari kuta dengan jarak sekitar 50 km dengan sewa motor di kuta bali. Daerah ini juga menyimpan dsstinasi wisata yang menarik seperti :

-Virgin beach /pantai prasi
-Taman Tirtha Gangga
-Taman ujung Sukasada
-Blue lagoon
-Amed
-Tulamben
-Candi dasa
-Pelabuhan Padang Bay
-Wisata Kapal Selam Odysey Submarine

Proses Penirisan

Penirisan atau pengirisan merupakan tahap pertama dalam pembuatan arak. Penirisan dilakukan umumnya 2 kali sehari dan biasa dilakukan pada pagi hari dan sore hari.  Bidang yang ditiris pada pohon kelapa,  adalah pada bunga pohon yang nantinya akan menjadi buah. Hasil tirisan pohon kelapa ini biasa dapat menghasilkan 8 liter perpohonya. Dan dari cairan hasil tirisan inilah yang nantinya akan dilanjutkan menjadi arak,  tuak atau gula aren.  Untuk menjadikan arak,  cairan hasil tirisan hanya perlu untuk disuling.

Proses penyulingan

Masuk ke proses penyulingan sebenarnya sangat sederhana.  Hanya perlu memasukan cairan hasil tirisan kedalam payuk/panci untuk perebusan.  Selanjutnya uap cairan itulah yang dinamakan arak. Uap disuling melalui media pipa bambu dan disalurkan kedalam sebuah wadah umumnya berupa jerigen.

Arak dari hasil sulingan pertama ini yang biasanya digunakan dalam sarana ritual persembahan dalam upacara agama hindu sebagai arak tabuh.  Arak tabuh merupakan simbol keyakinan adanya alam niskala ( kasat mata/tidak terlihat).

Selanjutnya untuk kelas yang lebih baik dengan kadar alkohol yang lebih tinggi adalah yang biasa dikonsumsi.  Caranya adalah Arak tahap pertama kembali di suling melalui proses perebusan dan mengambil uapnya dengan disuling melalui media pipa bambu. Dalam proses penyulingan,  waktu jelas menjadi perhitungan dan bahan kayu bakar karena akan memakan banyak waktu dan menggunakan cukup banyak kayu bakar. 

Harga dan tempat jual arak



Arak tradisional biasanya dijual per liter dengan kemasan botol aqua sedang. Secara hukum arak masuk dalam jenis minuman beralkohol dan tidak memiliki legalitas.  Sehingga untuk membelinya, anda hanya dapat membelinya diwarung kecil. Untuk harga perliter atau aqua kecil,  kisaran tarifnya berbeda tergantung kualitas arak yang disesuaikan pada proses penyulinganya. Kisarannya dari 20 ribu sampai dengan 50 ribu / botol. Jual arak  wa: 082145718078

Arak modern biasanya dijual dalam kemasan botol kaca. Untuk legalitas tentu berbadan hukum. Untuk tempat membelinya bisa di toko oleh-oleh yang sedang banyak menjamur seperti krisna dan agung bali.  Tarifnya berkisar 70 s/d 100 ribu.  Tapi kebanyakan arak modern terbuat dari beras dan rasanya kurang mewakili identitas bali dan sangat kurang peminatnya. Untuk arak jenis beras di produksi seperti di daerah bali utara yaitu di daerah buleleng dan brand paling terkenal adalah arak guan-guan Ho (GGH) dengan harga Rp 75.000/botol.

Promosi Arak

Sebagai minuman khas bali yang banyak digemari muda-mudi,  secara tidak langsung banyak yang mengenal arak dari promosi mulut kemulut. Kebiasaan menggunakan arak sebagai minuman penjamu tamu yang suka alkohol sangat  mengenalkan arak bali diluar daerah.  Dan tidak jarang juga kini yang menjadikan arak bali sebagai oleh-oleh kunjungan ke bali. Arak mulai membuming di indonesia setelah group band legendaris slank,  memasukan arak dalam salah satu albumnya tepatnya dalam lagu yang berjudul bali bagus dengan yang mudah lirik yang mudah diingat,  terimakasih arak baliku.

Tidak ada komentar:
Write komentar

Bergabung dengan Kami
Dapatkan semua info Terbaru !